PEMBERDAYAAN POTENSI WISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA PEKRAMAN NEGARA, BATUAN, SUKAWATI GIANYAR

  • I Nyoman Meirejeki Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Suarta Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Nyoman Suta Waisnawa Politeknik Negeri Bali
  • I Made Widiantara Politeknik Negeri Bali
  • A. Agung Putu Swabawa Politeknik Negeri Bali

Abstract

Pengabdian ini dilakukan di Desa Pekraman Negara, desa Batuan, sukawati, Gianyar. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengidentifikasikan potensi dan daya tarik dan merancang jalur trekking sebagai produk wisata unggulan yang akan ditawarkan di desa pekraman Negara.


Metode pelaksanan pengabdian dan pengumpulan data yang digunakan adalah metode: observasi, wawancara, focus group discussion, partisipatory research action,dan pendampingan. dengan menggunakan judgement sampling method. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis sintesis.


Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa di desa pekraman Negara terdapat potensi wisata yang bisa dikembangkan menjadi produk wisata, yaitu; 1). sumber  daya alam yang berupa: sungai, sawah, dan tebing, 2) sumber daya budaya yang berupa: tempat beribadah, upacara tradisional, benda hasil karya seni dan kegiatan budaya, dan rumah adat tradisional Bali.   Sarana pariwista yang sudah eksis berupa: usaha kuliner, yoga, gallery lukisan dan gallery gold & silver. Produk wisata yang dibangun dalam pengabdian ini adalah jalur trekking yang proses pelaksanaanya: identifikasi potensi dan menentukan tempat signage, pembuatan signage, penataan jalur trekking, pemasangan signage, pembentukan kelembagaan, dan membuat program marketing. Implikasi dari pembuatan jalur trekking dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa pekraman Negara

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 24, 2018
How to Cite
MEIREJEKI, I Nyoman et al. PEMBERDAYAAN POTENSI WISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA PEKRAMAN NEGARA, BATUAN, SUKAWATI GIANYAR. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 76-91, dec. 2018. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/1187>. Date accessed: 20 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v4i2.1187.
Section
Articles