Pengabdian Masyarakat di Desa Kebonpadangan melalui Pengembangan Website dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya

  • Putu Indah Ciptayani Politeknik Negeri Bali
  • Ida Ayu Putu Sri Widnyani Universitas Ngurah Rai
  • Ida Bagus Ketut Sugirianta Politeknik Negeri Bali

Abstract

 Desa Kebonpadangan merupakan desa yang terletak di Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Desa ini memiliki kawasan air panas yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata spiritual di malam hari. Terdapat masalah yaitu belum adanya jaringan listrik ke kawasan tersebut. Kebonpadangan juga mengalami kesulitan dalam penyebaran informasi dari desa kepada masyarakat terutama yang merantau. Untuk ini dilakukan program kemitraan masyarakat dengan memasang lampu penerangan jalan (LPJ-TS) tenaga surya dan membangun sebuah website desa. Metode yang dilakukan adalah analisis kebutuhan, survey lokasi pemasangan LPJ-TS, prototype website, pelatihan dan pendampingan. Saat ini sudah terdapat 2 orang yang terlatih untuk memelihara website dan 2 orang untuk memelihara LPJ-TS. Saat ini hanya dibutuhkan satu kali perjalanan yaitu untuk pengambilan surat saja. Waktu pelayanan pengajuan surat meningkat menjadi 1350%, sedangkan perjalanan masyarakat lebih efisien 50%. Sedangkan dengan adanya LPJ-TS, kegiatan masyarakat di malam hari mengalami peningkatan sebesar 75%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 13, 2020
How to Cite
CIPTAYANI, Putu Indah; WIDNYANI, Ida Ayu Putu Sri; SUGIRIANTA, Ida Bagus Ketut. Pengabdian Masyarakat di Desa Kebonpadangan melalui Pengembangan Website dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 56-67, may 2020. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/1560>. Date accessed: 10 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v6i1.1560.
Section
Articles