Techno-Ethics pada Manajemen Perkantoran: Studi Kasus di Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bali

  • Ida Bagus Putu Suamba Politeknik Negeri Bali
  • Gede Santanu Politeknik Negeri Bali
  • Ni Nyoman Aryaningsih Politeknik Negeri Bali
  • Ni Luh Putu Inten Rumini Politeknik Negeri Bali

Abstract

Etika selama ini lebih banyak dikaji dari aspek hubungan manusia dengan manusia. Sejalan berkembangnya science dan teknologi, skup kajian menjadi lebih luas; banyak kasus muncul di dalam menerapkan teknologi, seperti teknologi informasi dan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan prinsip-prinsip etika di dalam menerapkan teknologi di dalam manajemen perkantoran khususnya di Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali sebagai lembaga publik. Data diambil melalui wawancara mendalam dengan pimpinan Politeknik Negeri Bali, dosen pengguna layanan P3M, dan studi dokumen/pustaka. Data dianalisa secara diskriptif. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya prinsip-prinsip etika menjiwai pelaksanaan manajemen perkantorannya. Di sini sudah menggunakan teknologi informasi yang handal sesuai dengan volume kerjanya yang didukung oleh staf yang cukup terlatih. Techno-ethics yang ada dan diterapkan di P3M PNB cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 13, 2020
How to Cite
SUAMBA, Ida Bagus Putu et al. Techno-Ethics pada Manajemen Perkantoran: Studi Kasus di Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bali. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 09-17, may 2020. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/1831>. Date accessed: 26 may 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v6i1.1831.
Section
Articles