Pengabdian Kemitraan Masyarakat Instalasi Jaringan Internet untuk Sistem Registrasi Online pada Objek Wisata Blangsinga Waterfall, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar

  • Komang Ayu Triana Indah Politeknik Negeri Bali
  • I Komang Sudiarta Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Ayu Astri Pramitari Politeknik Negeri Bali

Abstract

Objek wisata Air Terjun Blangsinga terletak di Desa Blangsinga, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, memiliki keindahan wisata alam yang sangat potensial. Manajemen operasional tempat wisata ini masih dikelola swadaya masyarakat, khususnya Desa Adat Blangsinga, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Karena masih dikelola secara swadaya, maka infrastruktur sarana dan prasarana masih kurang optimal. Pengaturan registrasi wisatawan masih dilakukan secara manual dengan menggunakan tiket masuk yang ditandai dengan stempel pada tangan wisatawan. Hal ini tentu saja menyulitkan dalam pembuatan laporan keuangan. Selain itu akses masuk ke lokasi objek wisata ini ada dua pintu, yang memungkinkan wisatawan yang masuk tidak didata secara terintegrasi. Pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Bali khususnya Program Studi Sistem Informasi Jurusan Teknik Elektro ditujukan bagi pengembangan infrastruktur terutama jaringan internet pada Objek Wisata Blangsinga Waterfall. Pengabdian dilakukan dalam bentuk pembuatan aplikasi ticketing online, instalasi kabel STP, Router Mikrotik dan memastikan interkoneksi antar PC admin bagian registrasi wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 13, 2020
How to Cite
INDAH, Komang Ayu Triana; SUDIARTA, I Komang; PRAMITARI, I Gusti Ayu Astri. Pengabdian Kemitraan Masyarakat Instalasi Jaringan Internet untuk Sistem Registrasi Online pada Objek Wisata Blangsinga Waterfall, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 32-45, may 2020. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/1865>. Date accessed: 31 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v6i1.1865.
Section
Articles