Pendayagunaan Mata Air Alami Melalui Penerapan Teknologi Kendali Mekanis untuk Air Suci Pura Beji Banjar Pacung-Kediri-Tabanan

  • I Nyoman Suamir Politeknik Negeri Bali
  • I Made Rasta Politeknik Negeri Bali
  • I Putu Astawa Politeknik Negeri Bali
  • Made Ery Arsana Politeknik Negeri Bali

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan teknologi kendali mekanis untuk air suci Pura Beji di Banjar Pacung, Kediri, Tabanan, Bali. Kondisi pancuran air suci (beji) sangat memprihatinkan, debit airnya kecil. Pura Beji sangat potensial dikembangkan untuk menjadi wisata desa dan memiliki peran sangat strategis bagi masyarakat Hindu dalam menjalankan upacara keagamaan. Sedangkan ke arah hulu sungai dari Pura Beji ada sumber mata air dengan debit yang cukup besar. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknologi yang diterapkan dapat bermanfaat untuk memperbaiki sistem suplai air suci di Pura Beji menjadi lebih bersih dan berkualitas dengan debit suplai yang cukup. Evaluasi terhadap persepsi masyarakat di Banjar Pacung tentang penerapan teknologi juga sudah dilakukan. Hasilnya menunjukkan persepsi masyarakat Banjar Pacung sangat baik dengan skor persepsi kepuasan 4,01 atau sekitar 80,16% masyarakat memiliki persepsi yang sangat baik terhadap teknologi yang telah diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 8, 2020
How to Cite
SUAMIR, I Nyoman et al. Pendayagunaan Mata Air Alami Melalui Penerapan Teknologi Kendali Mekanis untuk Air Suci Pura Beji Banjar Pacung-Kediri-Tabanan. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 68-77, nov. 2020. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/2046>. Date accessed: 29 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v6i2.2046.
Section
Articles