PEMANFAATAN KULIT KAKAO MELALUI MESIN PENCACAH DAN PENGHANCUR, PADA SUBAK ABIAN DAN KELOMPOK TERNAK GUBUG

  • I Ketut Suherman Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali
  • Achmad Wibolo Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali
  • I Nengah Darma Susila Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kegiatan Program Iptek bagi Masyarakat (IbM) dilakukan dengan tujuan ingin mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mitra kelompok petani Kakao ”Subak Abian Gubug” sehingga dapat mengatasi peningkatan jumlah limbah kulit buah kakao agar dapat diolah menjadi pakan ternak. Melihat permasalahan mitra tersebut terutama pada saat proses penanganan kulit buah kakao pascapanen, maka dicoba untuk mengaplikasikan mesin pencacah dan penggiling (penghancur) kulit buah kakao menjadi dedak sebagai pakan ternak tambahan yang bisa disimpan. Prosesnya adalah limbah kulit buah kakao dimasukkan melalui lubang masuk mesin pencacah  sehingga akan tercacah menjadi ukuran yang kecil-kecil (± 1 cm) lalu dilakukan permentasi sesuai dengan kebutuhan untuk menjadikan pakan ternak. Setelah proses permentasi kulit buah tersebut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, kemudian barulah kulit buah kakao tersebut diproses penggilingan dengan menggunakan mesin penggiling (penghancur) sehingga memperoleh hasil seperti dedak.


Berdasarkan luaran yang diharapkan dari program ini maka hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan adalah indikator limbah kulit buah kakao dapat dilihat dengan dari hanya dibuang menjadi dimamfaatkan. Indikator metode pemberian pakan dari diberikan langsung kepada ternak menjadi diolah untuk dijadikan dedak sehingga bisa dicampur dengan pakan lainnya. Indikator nilai ekonomi diketahui dari kulit buah yang tidak bisa disimpan menjadi bisa disimpan sehingga bisa digunakan pada saat diperlukan atau memungkinkan untuk dijual kepada peternak yang membutuhkan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 10, 2017
How to Cite
SUHERMAN, I Ketut; WIBOLO, Achmad; DARMA SUSILA, I Nengah. PEMANFAATAN KULIT KAKAO MELALUI MESIN PENCACAH DAN PENGHANCUR, PADA SUBAK ABIAN DAN KELOMPOK TERNAK GUBUG. Bhakti Persada : Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37, aug. 2017. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/550>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Articles