PENINGKATAN PRODUKSI DAN WAWASAN PENGERAJIN TALENAN DI DESA TEMESI, GIANYAR

  • I Gde Agus Jaya Sadguna Politeknik Negeri Bali
  • Ayu Dwi Yulianthi
  • Kadek Cahya Dewi

Abstract

Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang sangat penting dan berfungsi sebagai tumpuan atau alas untuk memotong bahan makanan yang akan diolah oleh orang Bali, baik untuk memasak makanan sehari-hari maupun untuk kegiatan upacara, salah satunya adalah lawar. Ketergantungan masyarakat terhadap talenan membuat alat ini sebagai peralatan wajib saat membuat masakan Bali seperti lawar. 


Kegiatan ini bertujuan untuk memajukan usaha talenan yang dimiliki oleh dua mitra yaitu usaha milik Bapak Jero Mangku Rastiti (Mitra 1) dan Bapak I Ketut Gede Raka (Mitra 2) yang berlokasi di Desa Temesi, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Kedua usaha ini memiliki kondisi yang serupa yaitu merupakan usaha sendiri, pengelolaan usaha belum maksimal, dan ketiadaan alat untuk membantu produksi.


Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diberikan bantuan berapa peralatan untuk meningkatkan produksi dan juga pelatihan-pelatihan. Peralatan yang diberikan adalah gergaji mesin, masker filter, kacamata pengaman, papan nama dan juga rak pajangan untuk membantu memajang hasil produksinya. Kedua mitra juga diberikan pelatihan manajemen pengelolaan usaha, pelatihan pembukuan keuangan, dan pelatihan pemasaran untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 29, 2017
How to Cite
SADGUNA, I Gde Agus Jaya; YULIANTHI, Ayu Dwi; DEWI, Kadek Cahya. PENINGKATAN PRODUKSI DAN WAWASAN PENGERAJIN TALENAN DI DESA TEMESI, GIANYAR. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 25, dec. 2017. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/613>. Date accessed: 25 sep. 2018.
Section
Articles