DIVERSIVIKASI DESAIN GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PENGERAJIN LIMBAH DRUM BEKAS

  • I Made Rajendra Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Suherman Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali
  • NK Dessy Hariyanti Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali
  • I Made Sudana Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali
  • IGN Suta Waisnawa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali
  • IA Dwita Krisna Ari Jurusan Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia - Denpasar

Abstract

Salah satu produk karya seni yang lahir melalui sebuah proses kreatif adalah kerajinan berbahan dasar drum bekas pelumas yang keberadaannya saat ini mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara. Kerajinan ini berpusat di Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Produk karya seni yang dihasilkan oleh pengerajin ini berupa hiasan dinding dengan motif yang bervariasi, seperti: bentuk bunga, frame kaca cermin, berbagai jenis motif satwa, seni instalasi berbentuk robot dari plat drum dan suku cadang kendaraan bekas. Akan tetapi,  produk karya seni berupa handy craft ini dari segi jumlah dan varian desainnya masih terbatas. Desain yang diproduksi masih terpaku pada bentuk-bentuk baku dengan teknik pengerjaan yang masih kasar. Hal ini dapat dilihat pada hasil pemotongan, pengelasan dan permainan bentuk yang kurang bervariasi, sehingga produk-produk yang dihasilkan oleh pengerajin belum terlihat adanya pembaharuan yang signifikan dan produktivitasnya masih rendah.


Melalui PPM (Program Pemberdayaan Masyarakat) diupayakan mendorong produktivitas dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, di antaranya: pelatihan diversivikasi desain, brainstorming ide-ide baru, pengenalan produk nirmana, pelatihan pengelasan, dan chrome.


Hasil pelatihan ini telah mampu menambah ragam produk dengan melahirkan 2 (dua) produk baru yang inovatif dengan kualitas semakin baik, sehingga produktivitas diukur dari jumlah jenis produk dapat dikatakan telah meningkat.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 29, 2017
How to Cite
RAJENDRA, I Made et al. DIVERSIVIKASI DESAIN GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PENGERAJIN LIMBAH DRUM BEKAS. Bhakti Persada : Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1, dec. 2017. ISSN 2580-5606. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/719>. Date accessed: 21 apr. 2018.
Section
Articles