Penerapan sistem CHP dan sistem refrigerasi refrigeran natural: sebuah kajian literatur konservasi energi dan keselamatan lingkungan pada gedung supermarket

  • I Nyoman Suamir Politeknik Negeri Bali
  • Ketut Bangse Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Adi Subagia Politeknik Negeri Bali
  • Achmad Wibolo Politeknik Negeri Bali

Abstract

Paper ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi penerapan sistem CHP (Combined Heat and Power) dan sistem refrigerasi refrigeran natural untuk konservasi energi dan keselamatan lingkungan pada aplikasi gedung supermarket berbasis kajian literatur. Berbagai informasi terkini dari sistem CHP dan sistem refrigerasi dengan teknologi refrigeran natural dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai hasil-hasil penelitian yang sudah dipublikasikan. Kajian juga membandingkan hasil analisis berbagai teknologi CHP dan refrigerasi ramah lingkungan berbasis refrigeran natural. Ditemukan bahwa CHP adalah salah satu alternatif yang sangat potensial untuk meningkatkan secara optimal pemanfaatan energi di supermarket. Sistem CHP ditemukan dapat mencapai efisiensi keseluruhan hingga 85%. Salah satu cara untuk memastikan efisiensi konversi energi yang tinggi dari sistem CHP sepanjang tahun dapat dilakukan dengan menggunakan panas berlebih yang tersedia pada periode permintaan panas rendah untuk menjalankan sistem refrigerasi absorpsi yang dapat memberikan efek pendinginan. Sistem ini juga mampu mengurangi dampak lingkungan tak langsung dengan penggunaan energi yang lebih efisien. Solusi alternatif yang ditemukan dalam kajian ini untuk mengurangi emisi langsung dari kebocoran refrigeran sistem refrigerasi adalah dengan menggunakan refrigeran ramah lingkungan, seperti refrigeran HC, CO2 dan ammonia. Juga ditemukan sistem refrigerasi CO2 bertingkat dengan sistem refrigeran HC atau amonia atau sistem absorpsi pada sistem tekanan tinggi merupakan solusi yang sangat menguntungkan dari aspek keselamatan lingkungan. Potensi keunggulan semakin meningkat ketika sistem refrigerasi absorpsi digerakkan menggunakan panas buang dari sebuah sistem CHP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2021
How to Cite
SUAMIR, I Nyoman et al. Penerapan sistem CHP dan sistem refrigerasi refrigeran natural: sebuah kajian literatur konservasi energi dan keselamatan lingkungan pada gedung supermarket. Journal of Applied Mechanical Engineering and Green Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 20-25, mar. 2021. ISSN 2684-8201. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JAMETECH/article/view/2457>. Date accessed: 13 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jametech.v2i1.2457.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)