KEPUASAN KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN PEGAWAI BRSU TABANAN

  • Ni Made Kariati Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Edi Arsawan Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali

Abstract

Dewasa ini proses dalam sebuah organisasi berjalan dengan kompleks dimana berlangsungnya suatu kegiatan secara terintegrasi dan bersinergi memerlukan pendekatan yang dinamis antar semua departemen dalam sebuah organisasi. Karena secara holistic sebuah organisasi berkeinginan membuat terciptanya kepuasan dari dalam (kepuasan karyawan) dan kepuasan dari luar (kepuasan pelanggan). Kepuasan kerja dapat ditinjau dari dua sisi yakni sisi karyawan  dan sisi perusahaan. Karakteristik umum dari pekerjaan-pekerjaan yang yang bergerak dibidang jasa tersebut adalah interaksi intensif dengan konsumen, Rumah sakit merupakan lini organisasi yang bersentuhan langsung dengan konsumen yakni pasien dan kerabatnya. Badan Rumah Sakit Umum Tabanan merupakan salah satu rumah sakit pemerintah yang sudah bersertifikat nasional maupun internasional. Sampai saat ini masalah yang dihadapi secara langsung adalah mengenai keluhan pasien baik berupa, sistem dan prosedur pelayanan pengobatan yang relatif lama dan kurang sigapnya bagian-bagian yang terlibat langsung dalam pemberian layanan kepada para pasien. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan sebagai berikut;(1) Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kulaitas layanan dengan koefiSien jalur sebesar 0,612. (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kulaitas layanan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,475. (3)Komitmen organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan layanan dengan koefisien jalur sebesar 0,411.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 16, 2017
How to Cite
KARIATI, Ni Made; EDI ARSAWAN, I Wayan. KEPUASAN KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN PEGAWAI BRSU TABANAN. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 1 Maret, p. 81, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/102>. Date accessed: 29 mar. 2024.