Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali

  • Anak Agung Gde Mantra Suarjana Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bali
  • Nyoman Indah Kusuma Dewi Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bali

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. (2) Untuk menganalisis pengaruh Dana Perimbangan terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. (3) Untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan secara simultan terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling sesuai dengan tujuan peneliti dengan beberapa pertimbangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasil analisis data dengan signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa: Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. Dana Perimbangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. Korelasi dan kontribusi antara Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan secara simultan terhadap Pengembangan Infrastruktur adalah sebesar 0,969 dengan kontribusi sebesar 92.8%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 13, 2018
How to Cite
SUARJANA, Anak Agung Gde Mantra; DEWI, Nyoman Indah Kusuma. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Terhadap Pengembangan Infrastruktur pada Pemerintah Provinsi Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 66-79, sep. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1040>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v14i2.1040.