Evaluasi Pajak Penghasilan Badan Atas Perolehan Aset Tetap Metode Financial Leasing (Studi Kasus Perolehan Aset Tetap pada Kubu Cempaka Hotel)

  • Wayan Hesadijaya Utthavi Jurusan Akuntansi, Universitas Hindu Indonesia

Abstract

Pengelolaan cash flow mengharuskan perusahaan mempertimbangkan alternatif pembiayaan untuk pembelian aset tetap yang paling menguntungkan agar dapat meminimalkan pengeluaran perusahaan dan meningkatkan keuntungan yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan Kubu Cempaka Hotel sebagai objek penelitian. Kubu Cempaka Hotel bergerak di bidang jasa penginapan (hotel). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perlakuan pajak penghasilan atas pembelian aset tetap yang dibeli menggunakan financial leasing dan untuk mengetahui mekanisme pembelian yang lebih menguntungkan antarpembelian dengan cara financial leasing dibandingkan denganĀ  pembelian tunai sebagai dasar dalam penentuan kebijakan pembelian aset tetap. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa data aset yang dibeli secara leasing oleh perusahaan meliputi nilai aset, nilai opsi, jangka waktu kontrak leasing, dan suku bunga leasing. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan metode observasi. Analisis yang dilakukan penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data komperatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif pembelian dengan metode financial lease memberikan dampak pengurangan pajak yang lebih besar terhadap pajak yang akan dibayarkan oleh perusahaan dari pada alternatif pembelian secara tunai. Hal tersebut terjadi karena pada pembelian dengan alternatif metode financial lease memiliki jumlah biaya yang dapat di bebankan (deductible expense) lebih besar dibandingkan dengan alternatif pembelian secara tunai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 13, 2018
How to Cite
UTTHAVI, Wayan Hesadijaya. Evaluasi Pajak Penghasilan Badan Atas Perolehan Aset Tetap Metode Financial Leasing (Studi Kasus Perolehan Aset Tetap pada Kubu Cempaka Hotel). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 99-112, sep. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1043>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v14i2.1043.