Analisis Manajemen Talenta Pada PT. PLN (Persero)

  • Arianis Chan Universitas Padjadjaran
  • Agina Claudia Universitas Padjadjaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen talenta yang diterapkan oleh PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan program manajemen
talenta yang tepat bagi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif untuk menggambarkan sebuah keadaan manajemen talenta. Jenis penelitian ini adalah non kausalitas komparatif dimana penelitian ini tidak menjelaskan hubungan sebab akibat atau besarnya pengaruh. Data yang didapatkan pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sudah memiliki penetapan kriteria talenta yang diatur berdasarkan surat keputusan direksi. Penetapan kriteria ini merupakan penggabungan dari hasil pengukuran pencapaian Kontrak Sasaran Kinerja Pegawai dan Pengukuran Kompetensi Individu yang ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sudah menerapkan Manajemen Talenta yang diatur dalam Sistem Manajemen Kinerja Pegawai guna membina budaya pembelajar dan berprestasi serta memotivasi pegawai untuk meningkatkan kompetensi dan kontribusi pegawai bagi perseroan. Namun dalam melakukan evaluasi keberhasilan program bukan hanya dari capaian kinerja talent, tetapi juga peningkatan kompetensi talent setelah mengikuti program pengembangan sehingga penyelenggara tahu apakah program pengembangan yang diberikan untuk talent dapat mengisi gap kompetensi yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 29, 2018
How to Cite
CHAN, Arianis; CLAUDIA, Agina. Analisis Manajemen Talenta Pada PT. PLN (Persero). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 125-132, dec. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1045>. Date accessed: 20 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v14i3.1045.