Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Nyoman Sentosa Hardika Politeknik Negeri Bali
  • I Dewa Made Mahayana Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Eni Marhaeni Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh debt to assets ratio, deviden payout ratio, dan return on assets terhadap nilai perusahaan (price to book value) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Metode penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian kausal, dengan jumlah sampel 26 perusahaan selama 5 tahun. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data yang telah dikumpulkan terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F pada level signifikansi 5%.
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa secara parsial variabel debt to asset ratio (DAR), dan return on
assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan dividend payout ratio (DPR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, debt to asset ratio (DAR), dividend payout ratio
(DPR), dan return on asset (ROA) berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Dimana 7.4% faktor
dari perubahan nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh faktor dari ketiga variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 94.6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam model regresi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 29, 2018
How to Cite
SENTOSA HARDIKA, Nyoman; DEWA MADE MAHAYANA, I; ENI MARHAENI, Kadek. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 152-159, dec. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1058>. Date accessed: 20 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v14i3.1058.