ANALISIS KONTEN REKOMENDASI PRODUK PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS: SITUS INDONESIA KATEGORI JUAL BELI ONLINE)

  • Kadek Cahya Dewi Manajemen Bisnis Internasional, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bali

Abstract

Trend jual beli online sedang menjamur di negara Indonesia. http://lazada.co.id, http://tokopedia.com, http://bukalapak.com merupakan situs jual beli online yang popular di Indonesia. Ketiga situs tersebut menempati 3 posisi teratas untuk kategori situs jual beli online di Indonesia menurut http://alexa.com. Untuk meningkatkan user satisfaction dan loyalty terhadap sebuah website, maka perlu ditambah konten rekomendasi produk pada website tersebut. Penelitian ini menganalisis apakah ketiga situs jual beli online tersebut menyediakan konten rekomendasi produk atau tidak, serta menganalisis metode dan jenis rekomendasi yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap situs tersebut secara online. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga situs tersebut memiliki konten rekomendasi produk dengan metode rekomendasi raw retrieval, manually selected, statistical summarization, attribute-based dan user-to-user correlation. Jenis rekomendasi produk yang digunakan dalam ketiga situs tersebut adalah alternative dan generic

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
CAHYA DEWI, Kadek. ANALISIS KONTEN REKOMENDASI PRODUK PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS: SITUS INDONESIA KATEGORI JUAL BELI ONLINE). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 2 Juli, p. 135, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/159>. Date accessed: 24 apr. 2024.