Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Balikpapan Sudirman (Studi Kasus pada Nasabah BRI dari Politeknik Negeri Balikpapan)

  • Totok Ismawanto Politeknik Negeri Balikpapan
  • Prihatiningsih Prihatiningsih Politeknik Negeri Balikpapan
  • Fendry Susanto Politeknik Negeri Balikpapan

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman apa saja yang akan terjadi dari pengimplementasian teknologi finansial pada Bank BRI Kantor Cabang Balikpapan Sudirman, khususnya implementasi BRI Mobile Banking. Permasalahan dalam penelitian ini adalah meledaknya jumlah pengguna internet maupun smartphone di Indonesia termasuk dalam hal ini civitas academika Politeknik Negeri Balikpapan, belum diimbangi dengan jumlah nasabah bank yang menggunakan teknologi perbankan untuk mendapatkan layanan dari bank. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah civitas academika Politeknik Negeri Balikpapan yang menjadi nasabah Bank BRI dan menggunakan fasilitas BRI Mobile banking. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, data diperoleh dari hasil wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kelengkapan fitur dan desain yang praktis dan mudah digunakan menjadi kekuatan dari pengimplementasian BRI mobile banking walaupun terdapat kelemahan seperti biaya yang ditanggung pengguna karena masih berbasis sms plain text. Gaya hidup masyarakat yang selalu bertransaksi online dan akan ada penambahan satelit menjadi peluang dalam peningkatan kualitas layanan. Dibalik itu terdapat ancaman pula seperti kualitas produk pesaing yang lebih unggul dan bebas biaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 27, 2019
How to Cite
ISMAWANTO, Totok; PRIHATININGSIH, Prihatiningsih; SUSANTO, Fendry. Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Balikpapan Sudirman (Studi Kasus pada Nasabah BRI dari Politeknik Negeri Balikpapan). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 120-126, dec. 2019. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1635>. Date accessed: 02 apr. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v15i3.1635.