ANALISIS KEMITRAAN BISNIS USAHA PERJALANAN WISATA DI PROVINSI BALI

  • I Putu Astawa Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali
  • Made Abdi Sucipta Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kemitraan merupakan salah satu strategi yang dibangun untuk memperkuat posisi perusahaan. Ketatnya persaingan mendorong untuk berinovasi dalam sebuah kemitraan. Kondisi ini dirasakan oleh perusahaan lokal yang bergerak dalan usaha perjalanan wisata di Bali. Sebanyak 372 perusahaan yang menjadi anggota Asita sebagai populasi dalam kajian ini, dan 40 perusahaan sebagai target sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan daftar pertanyaan dan dianalisis secara statistik diskriptif. Hasilnya adalah proses awal terbentuknya mitra terjadi karena travel agent secara aktif melakukan pendekatan hal ini dapat dilihat dari 40 travel agent 21 perusahaan secara aktif dan 18 perusahaan melakukan pada saat ada event. Harapan mitra lokal adalah perluasan akses pasar menjadi peringkat utama kemudian diikuti oleh segmen pasar dan efisiensi. Harapan yang diinginkan oleh mitra luar negeri adalah menuntut profesionalisasi sebagai peringkat utama, kemudian dilanjutkan dengan pemahaman bahasa dan pemahaman budaya asing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
ASTAWA, I Putu; ABDI SUCIPTA, Made. ANALISIS KEMITRAAN BISNIS USAHA PERJALANAN WISATA DI PROVINSI BALI. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 2 Juli, p. 167, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/167>. Date accessed: 29 mar. 2020.