PENGARUH KEBIJAKAN UTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

  • I Wayan Purwanta Suta Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Sugiarta Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali
  • Putu Ayu Anggya Agustina Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi dapat mencerminkan kemakmuran bagi pemegang saham.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan utang pada nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakanIndonesian Capital Market Directory (ICMD). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 125 perusahaan, dengan metode nonprobability sampling, khususnya teknik purposive sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah ModeratedRegression Anaylisis (MRA).Berdasarkan hasil analisis penelitian ditemukan bahwa kebijakan utang tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Hal ini berarti kebijakan utang yang ditetapkan oleh perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada nilai perusahaan tersebut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepemilikan institusional memiliki pengaruh signifikan yang kuat dalam mempengaruhi hubungan antara kebijakan utang dan nilai perusahaan. Artinya, semakin tinggi nilai Debt to Equity Ratio (DER) yang diikuti dengan kenaikkan persentase kepemilikan institusional, maka akan meningkatkan nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
PURWANTA SUTA, I Wayan; SUGIARTA, I Nyoman; AYU ANGGYA AGUSTINA, Putu. PENGARUH KEBIJAKAN UTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 3 November, p. 173, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/181>. Date accessed: 20 sep. 2017.