Desain Aplikasi Akuntansi Untuk Reseller Online Shop Berdasarkan SAK EMKM Berbasis VBA Macro Microsoft Excel (Studi Kasus Online Shop Roch Store Manado)

  • Christiani Octovina Hamise Politeknik Negeri Manado
  • Alfan Julio Maharibe Politeknik Negeri Manado
  • Jerry Sonny Lintong Politeknik Negeri Manado

Abstract

Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan perekonomian nasional, antara lain pembangunan daerah, penciptaan lapangan pekerjaan serta pemerataan pendapatan daerah. Untuk itu EMKM juga sangat perlu untuk menerapkan akuntansi yang sesuai dengan Standar Akuntansi yang berlaku yaitu Standar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu EMKM dalam penerapan akuntansi yang sesuai SAK EMKM dengan menggunakan program aplikasi Microsoft Excel VBA Macro. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Data yang digunakan dikumpulkan dari hasil wawancara dengan pihak yang terkait, dokumen-dokumen entitas dan observasi, serta data pendukung lainnya. Narasumber dari penelitian ini adalah Pemilik UKM dan Karyawan UKM. Penelitian ini
dilakukan pada UKM Online shop Roch Store Manado. UKM Online shop Roch Store Manado masih menerapkan akuntansi secara manual dan belum sesuai dengan SAK EMKM. Disarankan, UKM ini dapat menggunakan program aplikasi akuntansi untuk membuat laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM untuk mempermudah dalam penerapan akuntansi serta dapat meningkatkan profit usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 11, 2020
How to Cite
OCTOVINA HAMISE, Christiani; MAHARIBE, Alfan Julio; LINTONG, Jerry Sonny. Desain Aplikasi Akuntansi Untuk Reseller Online Shop Berdasarkan SAK EMKM Berbasis VBA Macro Microsoft Excel (Studi Kasus Online Shop Roch Store Manado). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 44-57, apr. 2020. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1823>. Date accessed: 04 june 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v16i1.1823.