ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KNOWLEDGE OF ENTREPRENEURSHIP DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS KEWIRAUSAHAAN DAN KINERJA USAHA KECIL KERAJINAN PAYUNG TRADISIONAL DI PROVINSI BALI

  • Ketut Yasa Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Sukarta Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Pasek Politeknik Negeri Bali
  • Komang Mahayana P Politeknik Negeri Bali

Abstract

Eksistensi usaha kecil termasuk usaha kerajinan payung tradisional Bali belum menunjukkan perkembangan sesuai harapan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis ingin mendapatkan jawaban terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha kerajinan payung tradisional Bali.


Penelitian ini termasuk penelitian survai dan explanatoris research. Unit analisis adalah para pengerajin yang jumlahnya 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kaitannya meningkatkan kinerja usaha pengerajin, maka terlebih dahulu yang harus dibangun adalah kualitas kewirausahaan pengerajin, sedangkan kualitas diri kewirausahaan pengerajin dapat ditumbuh-kembangkan melalui terciptanya motivasi kerja yang tinggi, selalu mengikuti pendidikan kewirausahaan, dan membiasakan diri untuk menjalankan usaha dengan kekuatan sendiri (independensi).


Penelitian juga menemukan bahwa semua variabel bebas (motivasi, pendidikan, dan kemandirian) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kewirausahaan (signifikansi < 0,05), dan merupakan hubungan yang kuat (R = 0,772), sedangkan kontribusi variabel bebas terhadap perubanhan variabel terikat ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2). Sebesar 0,596 (59,6%)


Dalam hubungannya dengan kinerja usaha, ternyata hanya variabel kualitas kewirausahaan yang mempunyai pengaruh langsung yang signigfikan, sedangkan variabel motivasi, pendidikan kewirausahaan, dan kemandirian usaha hanya berpengaruh secara tidak langsung melalui variabel kualitas kewirausahaan. Hubungan ini merupakan hubungan kuat (R=0,715), dengan kontribusi yang ditunjukkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,512 (51,2%)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
YASA, Ketut et al. ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KNOWLEDGE OF ENTREPRENEURSHIP DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS KEWIRAUSAHAAN DAN KINERJA USAHA KECIL KERAJINAN PAYUNG TRADISIONAL DI PROVINSI BALI. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 3 November, p. 186, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/183>. Date accessed: 19 nov. 2017.