PENERAPAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN GOLF PADA NIRWANA BALI GOLF CLUB

  • I Made Sura Ambara Jaya Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali
  • Luh Mei Wahyuni Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali
  • Ari Rismayanti Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Saat ini golf semakin diminati oleh wisatawan asing maupun domestik, golf juga dijadikan salah satu program utama dari wisatawan yang melakukan acara konvensi dan dijadikan sebuah ajang perlombaan atau tournament. Persaingan yang terjadi sangat ketat antara lapangan golf yang satu dengan lapangan golf lainnya, maka penerapan pelayanan prima sangat penting dilakukan untuk memenangkan persaingan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan customer service di Nirwana Bali Golf Club, mengutamakan penampilan (grooming) yang sesuai dengan standar perusahaan dan pengetahuan tentang produk perusahaan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen. Dimensi pokok pelayanan prima yaitu: bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty), sangatlah memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan prima terhadap konsumen di Nirwana Bali Golf Club dan juga berpengaruh untuk menjaga citra perusahaan dan mempertahankan agar perusahaan tetap eksis dalam persaingan dengan para kompetitor lainnya. Pelayanan prima sudah diterapkan dengan baik oleh Nirwana Bali golf club, terbukti dengan adanya beberapa comment yang positif yang diberikan oleh konsumen, adanya beberapa penghargaan yang telah diraih, dan adanya repeater guest yang bermain di Nirwana Bali Golf Club. Meskipun harga bermain golf di Nirwana Bali Golf Club terbilang paling tinggi di antara lapangan golf lainnya di Bali, Nirwana Bali Golf Club tetap menjadi pilihan para golfer untuk bermain golf karena kualitas pelayanan yang baik dan fasilitas yang lengkap

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
SURA AMBARA JAYA, I Made; MEI WAHYUNI, Luh; RISMAYANTI, Ari. PENERAPAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN GOLF PADA NIRWANA BALI GOLF CLUB. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 3 November, p. 206, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/191>. Date accessed: 19 nov. 2017.