Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Kebijakan Dividen, dan Kepemilikan Saham Manajerial terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Bank BUMN periode 2010-2019)

  • Ristika Yulianti Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ida Suriana Politeknik Negeri Balikpapan
  • Hendra Sanjaya Kusno Politeknik Negeri Balikpapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh free cash flow kebijakan dividen, dan kepemilikan saham manajerial terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada Bank BUMN periode 2010-2019). Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda dan teknik yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji simultan (F) statistik dan uji parsial (t) statistik. Selain itu, juga dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikoloniearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa free cash flow, kebijakan dividen, dan kepemilikan saham manajerial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan uji parsial (t) disimpulkan bahwa free cash flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kepemilikan saham manajerial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 6, 2021
How to Cite
YULIANTI, Ristika; SURIANA, Ida; KUSNO, Hendra Sanjaya. Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Kebijakan Dividen, dan Kepemilikan Saham Manajerial terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Bank BUMN periode 2010-2019). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 44-51, apr. 2021. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/2470>. Date accessed: 13 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v17i1.2470.