PENGELOLAAN RISIKO TERHADAP KINERJA LPD SE-KABUPATEN TABANAN DALAM MENUNJANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TABANAN

  • I Made Artha Wibawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD)
  • Anak Agung Gede Suarjaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD)
  • Ni Putu Santi Suryantini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD)
  • Ni Putu Ayu Darmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD)

Abstract

Lembaga Perkreditan Desa merupakan lembaga yang diharapkan dapat menyokong perekonomian di pedesaan di Indonesia. Melihat peran yang begitu penting, sedangkan pertumbuhan kinerja LPD di kabupaten Tabanan yang mulai mengalami penurunan dan bahkan jumlah LPD macet bertambah sehingga penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui risiko-risiko yang mempengaruhi kinerja lpd di Kabupaten Tabanan. Risiko yang dihadapi LPD dalam penelitian ini adalah risiko-risiko yang kuantitatif artinya bisa dihitung. Jadi penelitian ini berusaha mengetahui pengaruh risiko-risiko (risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko operasional) terhadap kinerja LPD yang dalam hal ini dilihat dari kinerja LPD di Kabupaten Tabanan.


Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis regresi liner berganda. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling. Tahun penelitian berada pada rentang 2011-2014.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja LPD. Risiko likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja LPD. Risiko operasional bengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja LPD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 10, 2017
How to Cite
WIBAWA, I Made Artha et al. PENGELOLAAN RISIKO TERHADAP KINERJA LPD SE-KABUPATEN TABANAN DALAM MENUNJANG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TABANAN. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 1 Maret, p. 22, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/29>. Date accessed: 17 oct. 2019.