PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA KANTOR PUSAT PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI

  • I Wayan Purwanta Suta Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali
  • G.A Ayu Sri Asti Dwiastuti Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dari PT Bank Pembangunan Daerah Bali dengan menggunakan Balanced Scorecard. Konsep Balanced Scorecard merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan yang menjabarkan visi dan strategi perusahaan ke dalam empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif keuangan yaitu rasio permodalan, rasio kualitas aset produktif, rasio likuiditas, dan rasio rentabilitas. Indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif pelanggan adalah indeks kepuasan pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan tingkat akuisisi pelanggan. Inovasi dan proses operasi adalah merupakan indikator untuk mengukur perspektif proses bisnis internal. Sedangkan indikator yang digunakan untuk mengukur perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu indeks kepuasan karyawan, produktifitas karyawan, tingkat retensi karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perspektif keuangan, kinerja perspektif pelanggan, dan kinerja perspektif proses bisnis internal adalah sangat baik. Dan kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran adalah baik. Jadi secara keseluruhan kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Bali adalah sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 10, 2017
How to Cite
SUTA, I Wayan Purwanta; DWIASTUTI, G.A Ayu Sri Asti. PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA KANTOR PUSAT PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 1 Maret, p. 32, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/30>. Date accessed: 18 apr. 2024.