BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN PENGGUNA JASA AKOMODASI VILA DI KELURAHAN SEMINYAK
Abstract
Keberadaan vila di lingkungan Kelurahan Seminyak mendapatkan respon positif dari wisatawan asing yang datang ke Bali. Karya tulis ini hendak membahas: (1) bagaimana karakteristik wisatawan pengguna jasa akomodasi vila di Kelurahan Seminyak? (2) faktor apa saja faktor penarik bagi wisatawan asing memilih akomodasi vila di kelurahan seminyak, dan (3) bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas wisatawan pengguna jasa akomodasi vila di Kelurahan Seminyak?. Sebagai sebuah kajian kualitatif, data dikumpulkan melalui kajian pustaka, observasi partisipasi, dan wawancara mendalam dengan 15 informan pengelola dan tamu yang menginap di empat vila (Ahimsa, The Kunja, Ranadi, dan Uma Sapna), pemerhati dan pengambil kebijakan) yang representatif. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menerapkan beberapa teori secara eklektik, yaitu teori persepsi, teori hirarki kebutuhan dan teori stakeholder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna jasa akomodasi vila di seminyak adalah orang asing berasal dari kawasan benua Eropa, Amerika, Australia, Asia. Mereka datang ke Bali untuk berlibur, sisanya untuk berbulan madu dan melakukan perjalanan bisnis. Tingkat kepuasan wisatawan pengguna jasa akomodasi vila di kelurahan seminyak cukup tinggi. Tingkat kepuasan ini didukung oleh beberapa faktor, yakni faktor lokasi, harga kamar vila dan sarana-prasarana wisata yang tersedia, faktor layanan di bagian reception, houskeeping, food & beverage serta faktor penunjang lainnya, yakni tersedianya kolam renang, taman dan keamanan. Untuk mendukung kenyamanan wisatawan selama tinggal di vila setempat, pengelola vila setempat perlu lebih memperhatikan faktor keamanan.