ANALISIS PENDEKATAN EXPERIENTIAL MARKETING YANG MENCIPTAKAN KEPUASAN TAMU MENGINAP DI HOTEL KAWASAN WISATA LOVINA

  • Luh Linna Sagitarini Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kawasan wisata Lovina merupakan kawasan di daerah Bali Utara yang sedang berkembang dunia pariwisatanya. Berbagai potensi pariwisata sudah mulai banyak dikembangkan. Banyak hotel berbintang yang ada di kawasan tersebut yang sudah mulai menerapkan berbagai strategi pemasaran dalam menciptakan kepuasan tamu. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah experiential marketing.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendekatan experiential marketing dalam menciptakan kepuasan tamu. Dalam penelitian ini variabel bebas yang digunakan yaitu experiential marketing yang terdiri dari sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5). Variabel terikatnya yaitu kepuasan tamu (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 100 tamu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode accidental  sampling  methods,  kemudian  data  diproses  menggunakan  analisis regresi berganda dengan SPSS 17.0


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sense (X1),  think  (X3),  act  (X4),  dan  relate  (X5)  berpengaruh  signifikan  terhadap kepuasan tamu sedangkan feel (X2) tidak ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Secara simultan terbukti bahwa sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y). Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan tamu adalah variabel relate (X5).  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 13, 2017
How to Cite
SAGITARINI, Luh Linna. ANALISIS PENDEKATAN EXPERIENTIAL MARKETING YANG MENCIPTAKAN KEPUASAN TAMU MENGINAP DI HOTEL KAWASAN WISATA LOVINA. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 2 Juli, p. 114, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/43>. Date accessed: 14 nov. 2018.