PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENUNJANG RESERVASI UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL LE MERIDIEN BALI JIMBARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran (Marketing Mix) dalam upaya meningkatkan penjualan produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Kegiatan marketing mix yang dilakukan pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran adalah Aplikasi produk, penetapan harga khusus, Advertising, Personal Selling, Sales Promotion dan Publicity. Biaya promosi yang berlaku pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, semakin tinggi biaya promosi yang dikeluarkan maka semakin tinggi juga penjualan produk pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran. Teknik analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran sesuai dengan teori. Penerapan strategi bauran pemasaran dalam mempertahankan pasar pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran sudah diterapkan dengan baik.