PENERAPAN SISTEM GSA DAN KONVENSIONAL KANTOR DEPAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BERKUALITAS PADA HOTEL BERBINTANG

  • Made Ruki Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali
  • Cokorde Istri Sri Widhari Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan system GSA dan Konvensional Kantor Depan dalam memberikan layanan berkualitas. Penelitian ini dilakukan pada Hotel berbintang lima di kabupaten Badung. Penentuan pemilihan hotel berdasarkan atas pertimbangan bahwa sebagian hotel dalam operationalnya menerapkan sitem GSA (guest Service Agent) dan sebagian lagi menerapkan sistem konvensional. Hasil penelitian ini dapatĀ  dinyatakan bahwa hotel dengan system GSA dimana system tata kelola yang terkait dengan efesiensi kerja, yang mana satu posisi atau jabatan mengerjakan berbagai macam pekerjaan, sedangkan pada hotel yang meerapkan system konvensional dimana system kerja yang dilakukan oleh reception yang kecenderungannya melayani atau menangani pekerjaan yang lebih spesifik. Pada dasarnya ke dua sistem ini tidak menunjukkan perbedaan dalam memberikan layanan berkualitas kepada tamu hanya saja pada proses penanganan tamu berbeda dimana system GSA tersentral dalam satu posisi atau jabatan sedangkan system konvensional tetap terpisah dan dikerjakan oleh beberapa bagian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 13, 2017
How to Cite
RUKI, Made; SRI WIDHARI, Cokorde Istri. PENERAPAN SISTEM GSA DAN KONVENSIONAL KANTOR DEPAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BERKUALITAS PADA HOTEL BERBINTANG. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 2 Juli, p. 157, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/52>. Date accessed: 21 mar. 2019.