PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR DENGAN MEDIASI TRUST IN LEADERSHIP PADA KARYAWAN THE LODEK VILLAS

  • I Dewa Gede Dadhi Rakasiwi Universitas Udayana
  • Agoes Ganesha Rahyuda Universitas Udayana

Abstract




Perilaku karyawan yang melebihi peran yang diwajibkan dikategorikan dalam perilaku organizational citizenship behavior. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh servant leadership terhadap organizational citizenship behavior dengan mediasi trust in leadership pada karyawan The Lodek Villas Seminyak dengan menggunakan metode sensus (total sampling) dalam menentukan sampel sebanyak 65 responden, melalui teknik analisis jalur (Path analisis). Hasil analisis menunjukkan bahwa servant leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan The Lodek Villa. Servant leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap trust in leadership yang diterapkan pimpinan The Lodek Villa. Trust in leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan The Lodek Villa. Trust in leadership mampu memediasi hubungan positif servant leadership terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan The Lodek Villa. Pimpinan perusahaan disarankan mempertimbangkan kepentingan bersama dalam mengambil keputusan sehingga karyawan merasa dihargai. Sebagai seorang pemimpin harus menjaga kebersamaan dengan mengajak karyawan berdiskusi untuk memberikan masukan dan saran yang berguna untuk kepentingan perusahaan.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 20, 2017
How to Cite
RAKASIWI, I Dewa Gede Dadhi; RAHYUDA, Agoes Ganesha. PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR DENGAN MEDIASI TRUST IN LEADERSHIP PADA KARYAWAN THE LODEK VILLAS. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 107, dec. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/701>. Date accessed: 24 may 2019. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v13i2.701.