STRATEGI BERSAING DENGAN ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT ANALYSIS PADA PT MITRA GLOBAL HOLIDAY BALI, UNIT USAHA MG BEDBANK

  • Putu Karida Harsanti Politeknik Negeri Bali
  • Nyoman Indah Kusuma Dewi Politeknik Negeri Bali
  • Ni Wayan Sukartini Politeknik Negeri Bali

Abstract




Saat ini, ada banyak Online Travel Agent (OTA) yang beroperasi menjadi biro perjalanan konvensional (offline travel agent). Hal ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat antar travel agent. Penelitian ini membahas strategi bersaing antara konvensional travel agent dan OTA dengan menggunakan pendekatan SWOT. Penelitian ini dilakukan di MG Bedbank yang merupakan unit usaha PT Mitra Global Holiday Bali yang merupakan travel agent konvensional. Objek dalam penelitian ini adalah strategi bersaing yang sebaiknya diambil oleh MG Bedbank dalam bersaing dengan OTA. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT memperoleh hasil analisis faktor internal (IFAS-Internal Factor Analysis) adalah 3,00 dan untuk analisis faktor eksternal (EFAS-External Factor Analysis) adalah 3,49. Strategi alternatif yang dapat digunakan berdasarkan analisis SWOT adalah strategi SO (Strengths-Opportunities) yaitu: (1) memperluas pangsa pasar; (2) mengembangkan dan meningkatkan produk atau jasa yang dimiliki perusahaan; dan (3) mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada mitra bisnis.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2017
How to Cite
HARSANTI, Putu Karida; KUSUMA DEWI, Nyoman Indah; SUKARTINI, Ni Wayan. STRATEGI BERSAING DENGAN ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT ANALYSIS PADA PT MITRA GLOBAL HOLIDAY BALI, UNIT USAHA MG BEDBANK. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 13, n. 3 Nov, p. 166-175, dec. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/726>. Date accessed: 18 aug. 2018.