Penganggaran dan Analisis Anggaran Penjualan

  • I Made Agus Putrayasa Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bali

Abstract

Anggaran Penjualan juga disebut sebagai anggaran utama dalam proses penganggaran, karena anggaran penjualan merupakan dasar penyusunan jenis anggaran lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan penganggaran dan untuk menentukan penyebab dari varians antara anggaran penjualan dan penjualan aktual pada CV. Sumberjaya pada tahun 2016. Jenis penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Studi ini menyimpulkan bahwa perusahaan menggunakan pendekatan top-down dalam proses penyusunan anggaran. Kemudian analisis varians penjualan menunjukkan bahwa varians kuantitas penjualan yang tidak menguntungkan terjadi di semua lima area penjualan. Setelah itu, perhitungan varians harga jual menunjukkan hanya satu area (Ubud) yang memiliki varian yang tidak menguntungkan dan kedua daerah (Kuta dan Mengwi) mencapai varian yang  menguntungkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 2, 2018
How to Cite
PUTRAYASA, I Made Agus. Penganggaran dan Analisis Anggaran Penjualan. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 24-33, apr. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/736>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v14i1.736.