Pengaruh Faktor Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dalam Mengimplementasikan Operasi Lalu Lintas Penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali

  • I Ketut Muderana Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bali

Abstract

Keberhasilan perusahaan penerbangan dalam memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan akan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya yaitu karyawan yang profesional, trampil, disiplin dan mau bekerja keras, sehingga besar kemungkinan perusahaan dapat mencapai tujuan sesuai tujuan yang telah ditetapkan yaitu keuntungan pada tingkat yang maksimal dan disertai dengan perkembangan perusahaan secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dalam operasi lalu lintas  penerbangan di PT Angkasa Pura I (persero) Ngurah Rai Tuban Bali. Survey dengan kuesioner secara sensus digunakan dalam pengumpulan data. Jumlah responden sebanyak 75 orang karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali pada Divisi Operasional Lalu Lintas Penerbangan. Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 15.0. Uji validitas dan reliabilitas, analisis deskrptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dilakukan. Hasil uji menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat dan signifikan dari faktor komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dalam implementasi operasi lalu lintas penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali baik secara simultan maupun secara parsial.


 


Kata kunci: Sumber daya manusia, komunikasi, kepemimpinan, kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 2, 2018
How to Cite
MUDERANA, I Ketut. Pengaruh Faktor Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dalam Mengimplementasikan Operasi Lalu Lintas Penerbangan di PT Angkasa Pura I (Persero) Ngurah Rai Tuban Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 34-42, apr. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/767>. Date accessed: 20 nov. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v14i1.767.