Hubungan Green Image dengan Green Loyalty yang Dimediasi oleh Green Trust dan Green Satisfaction (Studi pada Wapa di Ume Resort & Spa Ubud, Gianyar, Bali)

  • I Ketut Yasa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali

Abstract

Green hotel sudah menjadi branding serta strategi dalam memenangkan persaingan bisnis. Jika menggunakan energi ramah lingkungan, maka penyelamatan lingkungan bisa jauh lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan green image dengan green trust, green image dengan green satisfaction, green trust dengan green loyalty, green satisfaction dengan green loyalty, green image dengan green loyalty, serta untuk menjelaskan peran green trust dan green satisfaction dalam memediasi hubungan green image dengan green loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang telah menginap di Wapa di Ume Resort & Spa (minimal sudah pernah menginap 2 kali dalam periode tahun 2013-2017) dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menemukan bahwa green image memiliki hubungan positif dengan green trust, green satisfaction, serta green loyalty. Green trust dan green satisfaction memiliki hubungan positif dengan green loyalty. Green trust dan green satisfaction mampu memediasi secara parsial serta memiliki hubungan positif dengan green loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 1, 2018
How to Cite
YASA, I Ketut. Hubungan Green Image dengan Green Loyalty yang Dimediasi oleh Green Trust dan Green Satisfaction (Studi pada Wapa di Ume Resort & Spa Ubud, Gianyar, Bali). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 1-12, apr. 2018. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/814>. Date accessed: 22 apr. 2018.