KAJIAN GEOTEKNIK TERHADAP REVITALISASI AREAL PARKIR BTDC NUSA DUA
Abstract
Kajian ini menganalisis tentang kerusakan parkir dan jalan paving yang terjadi pada area parkir BTDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Tujuan kajian ini adalah untuk mencari penyebab dari kerusakan dan menentukan jenis penanganan yang tepat untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CBR lapangan rata-rata untuk lapisan pondasi adalah sebesar 5% - 13,5 % . Hal ini menunjukkan bahwa material di lapangan tidak dipadatkan dengan optimal sehingga belum mencapai daya dukung maksimalnya. Tebal lapisan pondasi yang terpasang adalah 5 cm, sedangkan tebal lapisan pondasi yang dibutuhkan adalah 40 cm yang menyebabkan sudut penyebaran beban ke lapisan tanah dasar dibawahnya menjadi lebih kecil sehingga tegangan yang timbul pada lapisan tanah dasr menjadi lebih besar dari perencanaan. Berdasarkan penelitian di atas dapat dikatakan bahwa penyebab kerusakan parkir dan jalan di area BTDC Nusa Dua adalah kurangnya daya dukung yang mampu dikerahkan oleh material lapisan pondasi akibat pemadatan yang kurang maksimal dan kurang tebalnya lapisan pondasi.Penanganan kerusakan dilakukan dengan menambah ketebalan lapisan pondasi dan dipadatkan secara maksimal mencapai 90% dari kepadatan laboratoriumnya dan memberikan kemiringan yang cukup pada permukaan perkerasan agar air hujan dapat segera mengalir keperesapan di tepi perkerasan