EVALUASI TEHADAP KELONGSORAN KOSTRUKSI PENAHAN/PEMECAH GELOMBANG DALAM RANGKA PENYELAMATAN SITUS DI PURA BATU MEJAN CANGGU

  • I Nyoman Ramia Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Astawa Bagia p

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Canggu Kabupaten Badung khususnya di Pura Batu Mejan. Penelitian bertujuan untuk mencari penyebab terjadinya longsor berkali-kali yang terjadi pada areal yang sama guna menyelamatkan situs yang masih tersisa di Pura tersebut. Penelitian meliputi penelitian lapangan yang dilakukan langsung secara visual keberadaan kondisi di lapangan dan penelitian laboratorium antara lain tentang sifat-sifat fisik dan mekanis tanah yang berhubungan dengan konstruksi penahan/pemecah gelombang tersebut. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap stabilitas konstruksi sehingga dapat diketahui penyebab kelongsoran, serta mencari alternatif pemecahan masalah tesebut. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi salah satu acuan bagi masyarakat pengempon Pura dan pemda Badung untuk dapat menyelamatkan situs dipura Batu Mejan maupun areal disekitarnya. Disamping itu penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan alternatif bangunan bawah untuk mengembalikan kondisi lereng pemecah gelombang seperti sebelum terjadi longsor. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utama kerusakan pada konstruksi penahan/pemecah gelombang tersebut adalah terjadinya aliran air di dalam tanah (sepage) pada tanah urugan di bawahnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2017
How to Cite
RAMIA, I Nyoman; BAGIA, I Ketut Astawa. EVALUASI TEHADAP KELONGSORAN KOSTRUKSI PENAHAN/PEMECAH GELOMBANG DALAM RANGKA PENYELAMATAN SITUS DI PURA BATU MEJAN CANGGU. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 140, feb. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/337>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles