PENGUJIAN OPEN CIRCUIT VOLTAGE (VOC) DAN SHORT CIRCUIT CURRENT (ISC) LISTRIK PADA RANGKAIAN SERI PARALEL SOLAR CELLS PANEL DI POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Nyoman Sugiarta Politeknik Negeri Bali

Abstract

Indonesia memiliki karunia sinar matahari. Hampir di setiap pelosok Indonesia, matahari menyinari sepanjang pagi sampai sore. Energi matahari yang dipancarkan dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan panel surya / solar cell. Pembangkit listrik tenaga surya adalah ramah lingkungan, dan sangat menjanjikan. Sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik menggunakan uap (dengan minyak dan batubara). Lima hal utama yang mempengaruhi unjuk kerja/ performansi dari modul solar cells panel yaitu bahan pembuat solar cells panel, resistansi beban, intensitas cahaya matahari, suhu/ temperatur solar cells panel, bayangan/ shading. Intensitas cahaya matahari setiap daerah dan tempat di Indonesia tentulah berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kondisi cuaca pada masing-masing tempat tersebut. Unjuk kerja/performansi dari modul solar cell panel juga akan berbeda-beda akibat faktor cuaca ini. Hasil pengujian solar cell panel model BP350J dan SW 50 Poly/RB184/AP di Politeknik Negeri Bali apabila dirangkai seri dengan performansi (Voc) 43.3 V dan (Isc) 3.2 A akan menghasilkan rata-rata untuk cuaca cerah tidak berawan (Voc) 38.27 V dan (Isc) 1.41 A sedangkan cuaca mendung serta gerimis hujan menghasilkan (Voc) 0.054 V dan (Isc) 0.005 A. Pada rangkaian paralel dengan performansi (Voc) 21.5 V dan (Isc) 6.46 A akan menghasilkan rata-rata untuk cuaca cerah tidak berawan (Voc) 19.05 V dan Short Circuit Current (Isc) 3.02 A sedangkan cuaca mendung serta gerimis hujan menghasilkan (Voc) 0.545 V dan (Isc) 0.215 A.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2017
How to Cite
SUGIARTA, I Nyoman. PENGUJIAN OPEN CIRCUIT VOLTAGE (VOC) DAN SHORT CIRCUIT CURRENT (ISC) LISTRIK PADA RANGKAIAN SERI PARALEL SOLAR CELLS PANEL DI POLITEKNIK NEGERI BALI. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 184, mar. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/350>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles