PENERAPAN ERGON0MI PADA PROSES PEMBUATAN KOTAK ALAT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MAHASISWA PRAKTIK KERJA PELAT DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI

  • nyoman Sutarna Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Sutarna Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali

Abstract

Ergonomi adalah ilmu, teknologi, dan seni untuk menyerasikan alat, cara kerja dilakukan pada kemampuan, kebolehan dan keterbatasan manusia sehingga diperoleh kondisi kerja dan lingkungan yang sehat, aman, nyaman dan efisien sehingga tercapai produktivitas  yang setinggi-tingginya. Proses pembuatan kotak alat dilakukan dengan bantuan mesin potong, mesin tekuk dengan peralatan tidak tertata. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa  praktik kerja pelat.   Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui berapa besar perbedaan nilai rerata  kinerja  hasil kerja dari dua jenis perlakuan. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen yaitu dengan pengamatan langsung pada mahasiswa  melakukan proses  pembuatan kotak alat. Data yang diperoleh dari evaluasi hasil kerja dianalisis dengan paired sample T-test dengan taraf signifikan p<0,005. Hasil analisis menunjukkan sebelum diperbaiki nilai rerata  sebesar 74, sedangkan setelah diperbaiki nilai rerata sebesar 84, ada perbedaan nilai sebesar 4. Kesimpulannya dengan diperbaiki fasilitas kerja dapat meningkatkan kinerja. Disarankan untuk memenuhi fasilitas kerja dan memenuhi persyarakan kerja mahasiswa dalam melakukan praktik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2017
How to Cite
SUTARNA, nyoman; SUTARNA, I Nyoman. PENERAPAN ERGON0MI PADA PROSES PEMBUATAN KOTAK ALAT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MAHASISWA PRAKTIK KERJA PELAT DI BENGKEL TEKNOLOGI MEKANIK POLITEKNIK NEGERI BALI. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 31-35, june 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/404>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles