ANALISIS PERUBAHAN KEKERASAN PERMUKAAN BAJA (St. 42) DENGAN PERLAKUAN PANAS 800◦C MENGGUNAKAN METODE VICKERS DI LABORATORIUM UJI BAHAN POLITEKNIK NEGERI BALI.

  • Ketut Rimpung Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali

Abstract

Menurut teori, kekerasan permukaan baja akan naik bila dilakukan pemanasan mencapai batas suhu transformasi lalu didinginkan secara cepat. Demikian juga, kekerasan baja akan turun bila diperlakukan sebaliknya, [2]. Kekerasan  baja dapat diketahui melalui pengujian menggunakan mesin uji kekerasan logam yang tersedia di laboratorium pengujian bahan dan metrologi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali. Proses pengujian kekerasan dilakukan dengan menekan permukaan benda uji menggunakan penetrator tertentu  dalam waktu tertentu, sampai permukaan benda uji rusak atau terjadi identasi pada permukaan benda uji.


Pengujian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perubahan kekerasan baja (St.42 standar) dibandingkan dengan baja jenis yang sama setelah mendapat perlakuan panas untuk dikeraskan maupun yang dilunakkan. Penelitian ini dilakukan bersama mahasiswa programstudi teknik mesin semester IV di laboratorium uji bahan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini menguji kekerasan baja (St. 42) menggunakan metode Vickers.


Hasil pengujian dengan metode Vickes yaitu  baja yang dikeraskan melalui pemanasan 800C dan didinginkan cepat menggunakan air tawar, ternyata menjadi lebih lunak dibandingkan dengan baja (St.42standar).  Fakta hasil penelitian: kekerasan St.42Standar =105,226 Kg/mm2, kekerasan St.42 Hardening = 81,977  Kg/mm2,  dan kekerasan St.42 Anaeling =75,264 Kg/mm2.


Jadi, ada ketidak sesuaian antara teori dibandingkan fakta hasil pengujian kekerasan dengan metode Vickers, pada baja dengan pendinginan cepat. Sedangkan, fakta hasil pengujian kekerasan baja yang dilunakkan sesuai dengan teori.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2017
How to Cite
RIMPUNG, Ketut. ANALISIS PERUBAHAN KEKERASAN PERMUKAAN BAJA (St. 42) DENGAN PERLAKUAN PANAS 800◦C MENGGUNAKAN METODE VICKERS DI LABORATORIUM UJI BAHAN POLITEKNIK NEGERI BALI.. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 67-72, june 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/428>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Articles