DAUR ULANG OLI BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR DIESEL DENGAN PROSES PEMURNIAN MENGGUNAKAN MEDIA ASAM SULFAT DAN NATRIUM HIDROKSIDA

  • I Nyoman Suparta Politeknik Negeri Bali

Abstract

Konsumsi terhadap hasil olahan minyak bumi selalu mengalami peningkatan setiap tahun seiring dengan meningkatnya populasi dan aktivitas penduduk dunia.Pencarian energi alternatif juga gencar dilakukan guna menghemat pemakaian bahan bakar minyak utamanya pada alat transportasi dan mesin konvensional yang telah ada. Berbagai upaya dan penelitian telah dilakukan untuk menghemat bahan bakar solar pada mesin diesel antara lain dengan menggunakan bio diesel yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Disamping kebutuhan bahan bakar yang meningkat dengan kemajuan  industri dan pembangunan maka sisa dari proses industri dan permesinan yang belum dapat ditangani dengan baik adalah limbah yang jumlahnya juga terus meningkat, antara lain oli bekas. Oleh karena oli diambil dari minyak bumi maka merupakan senyawa hidrokarbon yang memiliki nilai energi dan mudah terbakar, maka perlu dicari cara untuk memanfaatkan oli bekas utamanya sebagai bahan bakar. Oleh sebab itu perlu dicari cara untuk memanfaatkan oli bekas sebagai bahan bakar pada mesin diesel dengan proses yang mudah dan murah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2017
How to Cite
SUPARTA, I Nyoman. DAUR ULANG OLI BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR DIESEL DENGAN PROSES PEMURNIAN MENGGUNAKAN MEDIA ASAM SULFAT DAN NATRIUM HIDROKSIDA. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 73-79, june 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/509>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Articles