APLIKASI RANDOMIZE PARITY BIT CODING STEGANOGRAPHY UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PENYEMBUNYIAN PESAN RAHASIA PADA FILE DIGITAL

  • I Wayan Candra Winetra Politeknik Negeri Bali
  • Ni Wayan Wisswani Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Suja Politeknik Negeri Bali

Abstract

Steganografi adalah seni penyembunyian pesan rahasia ke dalam sebuah media cover yang telah dimulai sejak jaman Yunani kuno dan masih digunakan dalam perang dunia kedua dimana pesan rahasia ditulis dengan tinta tak terlihat. Di era digital, steganografi berevolusi dimana pesan rahasia disembunyikan di media digital, dengan hampir semua bentuk file digital bisa dijadikan media cover selama bisa dimanipulasi. Berbagai metode telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan steganografi seperti LSB atau parity bit coding. Penelitian ini akan menggunakan metode parity bit yang dilakukan secara acak pada byte data yang dikelompokkan dengan MSB. Penyisipan secara acak akan meningkatkan kerahasiaan pesan tersembunyi karena tidak akan terpola, sedangkan pengelompokkan dengan metode MSB akan memberikan keuntungan dimana modifikasi tidak mengubah file cover secara signifikan, sehingga akan sulit dibedakan dari file aslinya..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 1, 2017
How to Cite
WINETRA, I Wayan Candra; WISSWANI, Ni Wayan; SUJA, I Ketut. APLIKASI RANDOMIZE PARITY BIT CODING STEGANOGRAPHY UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PENYEMBUNYIAN PESAN RAHASIA PADA FILE DIGITAL. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 109-113, oct. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/545>. Date accessed: 21 oct. 2017.