EVALUASI GAYA DALAM DAN BIAYA KONSTRUKSI PADA RAFTER BAJA BERBENTUK PELANA DAN LENGKUNG PADA BANGUNAN GUDANG DI BANYUWANGI

  • M. Shofi’ul Amin Politeknik Negeri Banyuangi
  • Ahmad Faiq Rois Politeknik Negeri Banyuangi

Abstract

Saat ini bangunan gudang yang ada di Banyuwangi umumnya hanya menggunakan rafter berbentuk pelana. Pada bangunan gudang bentang panjang beberapa kota di Indonesia sudah menggunakan rafter bentuk lengkung. Penggunaan rafter lengkung dikarenakan bentuk tersebut sangat baik dalam menerima gaya aksial dan cocok digunakan pada bentang yang panjang. Gaya aksial pada rafter bentuk lengkung akan mengurangi momen. Dengan momen pada rafter lebih kecil maka dimensi profil akan lebih kecil. Oleh karena itu agar rafter bangunan gudang lebih kuat dan ekonomis maka perlu adanya analisis struktur dan biaya pada rafter baja berbentuk pelana dengan lengkung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui yang paling efisien antara rafter baja bentuk pelana dan lengkung. Analisis dilakukan pada gudang dengan dimensi arah X (bentang rafter) = 15, 24 dan 30 meter. Untuk dimensi arah Y (jarak antar rafter) = 6 meter dan dimensi arah Z (tinggi rafter) = 8, 15, 24 dan 30 meter. Analisis struktur menggunakan bantuan program SAP 2000 versi 14.2.2. Hasil analisa didapatkan Gaya dalam pada bangunan gudang bentang 15 dan 24 meter dengan rafter bentuk lengkung sudut pangkal 33o lebih kecil dibanding dengan rafter pelana kemiringan atap 17o. Gaya dalam bangunan gudang bentang 30 meter dengan rafter bentuk lengkung sudut pangkal 17o dan 33o lebih kecil dibanding gudang dengan rafter bentuk pelana kemiringan atap 15o. Semakin panjang bentang bangunan gudang dengan rafter bentuk lengkung biayanya semakin ekonomis dibanding gudang dengan rafter bentuk pelana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2017
How to Cite
AMIN, M. Shofi’ul; ROIS, Ahmad Faiq. EVALUASI GAYA DALAM DAN BIAYA KONSTRUKSI PADA RAFTER BAJA BERBENTUK PELANA DAN LENGKUNG PADA BANGUNAN GUDANG DI BANYUWANGI. LOGIC Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 17, n. 3, p. 148-152, nov. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/603>. Date accessed: 16 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31940/logic.v17i3.603.
Section
Articles