DESAIN ALAT KEDUDUKAN PELAT PADA ANGKAT DAN ANGKUT PELAT ESER UNTUK MENURUNKAN BEBAN KERJA, KELUHAN OTOT SKELETAL DAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA

  • I Nyoman Sutarna Politeknik Negeri Bali
  • I Nengah Darma Susila Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Sutapa Politeknik Negeri Bali

Abstract

Aktivitas mengangkat dan mengangkut pelat eser bila dilakukan dengan posisi badan tidak ergonomis akan mengakibatkan keluhan pada otot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  penurunan beban kerja, keluhan otot skeletal dan peningkatan produktivitas kerja. Metode yang digunakan  rancangan sama subjek (treatment by subjects design)  jumlah sampel 16 0rang. Keluhan otot skeletal di ukur dengan kuesioner nordic body map,  beban kerja diprediksi dengan cara mengukur denyut nadi kerja dengan metode 10 denyut, dan produktivitas di hitung  dengan selisih rerata produktivitas antar perlakuan per waktu kerja. Data dianalisis dengan uji t – paired dengan taraf signifikan p<0,005.Hasil analisis setelah dilakukan  intervensi ergonomic yaitu membuat alat kedudukan pelat  terjadi perbedaan yang bermakna (p<0,05) antara sebelun dan setelah perlakuan   yaitu: (1) penurunan keluhan otot skeletal dari rerata skor 80,1 menjadi 70,0,  (2) penurunan beban kerja mahasiswa dari 104,4 denyut permenit menjadi 93,5 denyut permenit, dan (3) peningkatan produktivitas kerja dari 5 kali per jam menjadi 12 kali per jam , terjadi peningkatan sebesar 58,3%. Disimpulkan bahwa mendesain alat kedudukan pelat pada aktivitas angkat dan angkut pelat dapat  menurunan beban kerja, keluhan otot skeletal, dan meningkatkan produktivitas kerja. Disarankan kepada para pengambil kebijakan di pendidikan vokasional agar memperhatikan kondisi alat dan fasilitas kerja yang ergonomis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2018
How to Cite
SUTARNA, I Nyoman; SUSILA, I Nengah Darma; SUTAPA, I Ketut. DESAIN ALAT KEDUDUKAN PELAT PADA ANGKAT DAN ANGKUT PELAT ESER UNTUK MENURUNKAN BEBAN KERJA, KELUHAN OTOT SKELETAL DAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA. LOGIC Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 42-47, mar. 2018. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/790>. Date accessed: 17 july 2018.
Section
Articles