%A Ginaya, Gede %A Mataram, I Gusti Agung Bagus %A Somawati, Ni Putu %D 2019 %T Peningkatan Kompetensi Komunikatif Mahasiswa Melalui ELearning Menggunakan Materi Otentik %B 2019 %9 %! Peningkatan Kompetensi Komunikatif Mahasiswa Melalui ELearning Menggunakan Materi Otentik %K %X Mahiswa mengalami kebingungan dan sering vacum ketika berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Situasi ini telah menyebabkan kompetensi komunikatif bahasa Inggris mahasiswa rendah dan menjadi permasalahan dalam proses belajar mengajar. Penerapan metode pengajaran e-learning menggunakan materi otentik sebagai pengajaran yang inovatif merupakan sebuah solusi dari kondisi tersebut, karena prinsip dasarnya adalah pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa, kontekstual, dan terintegrasi antara bahasa dan konten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengivestigasi pengaruh implementasi pengajaran e-learning menggunakan materi otentik terhadap kompetensi komunikatif mahasiswa. Peserta terdiri dari 60 (29 pria dan 31 perempuan) mahasiswa semester empat Program Diploma 3, Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Bali tahun ajaran 2018/2019. Data dikumpulkan melalui prosedur penelitian berbasis tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Melalui desain kuasi experimental, data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan paired t-tests dan mixed design ANCOVA untuk mengidentifikasi adanya peningkatan secara signifikan setelah pemberian tindakan. Selanjutnya, data kualitatif dianalisis berdasarkan hasil observasi selama berlangsungnya pemberian tindakan dan hasil dari pemberian kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta yang mendapatkan perlakuan, kompetensi komunikatif bahasa Inggrisnya meningkat secara signifikan, 63,05 pada kelompok kontrol dan 84,43 pada kelompok eksperimen [t = -23.485, p=.000] pada level of p<.05. Peningkatan tersebut juga diikuti dengan meningkatnya motivasi dan ketertarikan belajar mahasiswa %U https://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view?path= %J Proceedings %0 Journal Article %& 105 %P 13 %8 2019-10-09 %7 2019-10-09