MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI BERMATERIKAN TEKS AUTENTIK KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI IPA1 SMA LABORATORIUM UNDIKSHA

  • I Wayan Wendra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali
  • Wayan Sumiasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah berikut. (1) Apakah pembelajaran menganalisis unsur pembangun cerpen berbasis inkuiri bermaterikan teks autentik dan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XI IPA1 Laboratorium Undiksha dalam pembelajaran? (2)Apakah pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 Laboratorium Undiksha? (3)Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan oleh guru? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 Laboratorium Undiksha. Objek penelitiannya adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran, hasil belajar siswa menganalisis unsur pembangun cerpen dan respon siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.Datapenelitiandikumpulkan dengan metode observasi, tes penugasan dan angket/kuesioner. Data dianalisisdenganmetodedeskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasilpenelitianadalahsebagaiberikut. Setelah penerapan pembelajaran, tampak aktivitas siswa dalam belajar sangat aktif dan interaksi siswa dalam pembelajaran multiarah yakni siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan kelompok yang tampil menyajikan hasil. Hasil belajar siswa  rata- rata kelas kemampuan mengalisis cerpen telah mengalami peningkatan  yakni pratindakan ratarata kemampuan siswa menganalisis unsur pembangun cerpen sebesar 6,39 tergolong kategori cukup, setelah tindakan siklus 1, meningkat rata-rata kelas mencapai 74,59 kategori baik dan pada siklus  2 rata-rata kelas kemampuan siswa sebesar 83,22 kategori baik. Siswa merespon positif pelaksanaan pembelajaran menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen dengan rincian yaitu 5 orang siswa (22,72 %) merespon sangat positif, dan sebanyak 17 orang siswa (77,28%) merespon  positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 9, 2019
How to Cite
WENDRA, I Wayan; SUMIASIH, Wayan. MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI BERMATERIKAN TEKS AUTENTIK KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI IPA1 SMA LABORATORIUM UNDIKSHA. Proceedings, [S.l.], p. 62-69, oct. 2019. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1504>. Date accessed: 17 oct. 2019.