FORMULASI KATA UTAMA SEBAGAI KATA KUNCI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS: MEMEMBUAT DAN MENGEMBANGKAN PARAGRAF

  • Hari Wahyono FKIP Universitas Tidar

Abstract

Menulis merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa produktif. Dikatakan sebagai keterampilan berbahasa produktif, karena menulis menghasilkan sebuah produk dari buah pikiran seorang penulis. Namun, tidak sedikit peserta didik, baik dari SD hingga perguruan tinggimemiliki kesulitan untuk memproduksi buah pikiran  melalui menulis. Secara umum peserta didik sudah dapat menghasilkan tulisan dalam bentuk paragraf. Namun, paragraf yang dihasilkan masih kurang kehesif dan koherensih.  Salah satu faktor yang menjadi penyebab kesulitan peserta didik dalam menulis adalah dalam pembelajaran menulis tidak menggunakan teknik menulis yang baik. Secara umum, pembelajaran menulis belum menggunakan teknik membuat dan mengembangkan paragraf yang membantu peserta didik mudah menulis.  Terkait dengan pembelajaran menulis, ada salah satu alternatif yang dapat diterapkan pendidik, yaitu formulasi kata utama sebagai kata kunci   dalam membuat dan mengembangkan paragraf yang kohesif dan koherensih. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 9, 2019
How to Cite
WAHYONO, Hari. FORMULASI KATA UTAMA SEBAGAI KATA KUNCI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS: MEMEMBUAT DAN MENGEMBANGKAN PARAGRAF. Proceedings, [S.l.], p. 70-76, oct. 2019. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1505>. Date accessed: 29 mar. 2024.