PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING BERBASIS TEORI TEMA-REMA

  • Paulus Subiyanto Politeknik Negeri Bali
  • I Made Rai Jaya Widanta Politeknik Negeri Bali

Abstract

Di era digital, komunikasi tidak hanya berlangsung secara lisan, justru semakin masif penggunaan alat-alat komunikasi berbasis tehnologi informasi , semakin kuat pula komunikasi tertulis digunakan. Sementara pembelajaran bahasa Inggris lebih memprioritaskan kemampuan berbicara (speaking skill) dan mengabaikan writing skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran writing yang sederhana dan mudah diaplikasikan oleh pembelajar dengan konteks era Revolusi Industri 0.4. Dengan menerapkan model Research and Development, penelitian ini akan menghasiilkan luaran berupa modul-modul belajar writing secara lengkap dan terpadu untuk mahasiswa politeknik atau pendidikan vokasi lainnya.
Urgensi penelitian ditunjukkan oleh hasil kuesioner terhadap dosen bahasa Inggris: sangat setuju 60%, setuju 40%, kurang setuju 0%,dan berkaitan dengan signifikansi: 70% sangat setuju, 30% setuju, 0% kurang setuju. Sehubungan dengan aspek kebahasaan yang dianggap paling sulit olehmahasiswa: tata bahasa 30%, kosakata 20%, pengembangan tema 50%.
Pola Tema Rema termasuk dalam Teori Linguistik Fungsional Sistemik yang disampaikan oleh M.A.K. Halliday (1984). Menurut teori ini, kalimat atau klausa terdiri dari dua bagian: yang di awal disebut Tema sebagai “perihal yang dibicarakan, dan diikuti Rema sebagai “ penjelasan dari Tema”. Dengan demikian, dalam satu paragraf kalimat-kalimat bisa diatur menurut pola-pola Tema-Rema tertentu sehingga pikiran penulis bisa lebih sistematik dan mudah dipahami pembaca. Ada tiga pola (Thomas,1999) yang bisa dikembangkan dalam model pembelajaran writing: (i) Progresi Konstan,(ii) Progresi Linier, dan (iii) Progresi Turunan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 9, 2019
How to Cite
SUBIYANTO, Paulus; WIDANTA, I Made Rai Jaya. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING BERBASIS TEORI TEMA-REMA. Proceedings, [S.l.], p. 168-174, oct. 2019. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1517>. Date accessed: 17 oct. 2019.