PEER FEEDBACK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI POLITEKNIK NEGERI BALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan umpan balik korektif yang diberikan oleh rekan sejawat dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali Jimbaran. Penelitian ini menggunakan quasy experiment. Dalam penelitian quasy experiment terdapat kelompok control ( control group) sebagai pembanding bagi kelompok eksperiment ( experiment group). Dua kelas dari lima kelas semester 4 MBI yang dijadikan subjek penelitian. Masing-masing kelas terdiri dari 27 mahasiswa ( 4D ) sebagai kelompok control dan 25 mahasiswa (4E ) sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan Teknik peer feedback sementara kelompok control tidak. Kedua hasil tes tersebut dieksplikasi dan diberikan skor berdasarkan rubrik penilaian yang disiapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil pengamatan pada kelompok eksperimen diketahui fakta yang menunjukan kelebihan dari penerapan pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan teknik peer feedback