EVALUASI DAMPAK LINGKUNGAN DARI PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN PRASARANA PENGENDALI BANJIR TUKAD MATI TENGAH (STA 0 + 000 – STA 1 + 750)

  • Putu Ayu Fionnita Maryana Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Anom Purwa Winaya Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Adi Suryawan Politeknik Negeri Bali

Abstract

 Setiap usaha yang menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan hidup perlu dikaji agar diambil langkah-langkah pengelolaan dan pemantauan sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengevaluasi kondisi Tukad Mati  Tengah sebelum  dan  setelah  adanya proyek pembangunan prasarana pengendali banjir serta dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan, (2) mengevaluasi pengelolaan dan pemantauan lingkungan terhadap pelaksanaan proyek pembangunan prasarana pengendali banjir Tukad Mati Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi langsung ke lapangan serta wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap pra konstruksi dampak lingkungan yang ditimbulkan yaitu keresahan masyarakat yang disebabkan oleh adanya survey dan sosialisasi namun dampak ini tergolong kecil, sedangkan saat tahap konstruksi dampak lingkungan yang ditimbulkan yakni penurunan kualitas air sungai yang disebabkan oleh pekerjaan galian dan pelaksanaan pengecoran, penurunan estetika lingkungan yang disebabkan oleh basecamp, pekerjaan pembesian struktur dan pekerjaan bekisting, dan penurunan kualitas udara yang disebabkan oleh pekerjaan persiapan mobilisasi alat berat serta mobilisasi material dan gangguan kebisingan. Adapun hasil keseluruhan dari proyek pembangunan prasarana pengendali banjir Tukad Mati Tengah terhadap lingkungan hidup yaitu proyek ini termasuk ketegori sedang terhadap lingkungan sekitarnya dan Tukad Mati Tengah lebih tertata rapi dan bersih

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
MARYANA, Putu Ayu Fionnita; WINAYA, I Nyoman Anom Purwa; SURYAWAN, Kadek Adi. EVALUASI DAMPAK LINGKUNGAN DARI PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN PRASARANA PENGENDALI BANJIR TUKAD MATI TENGAH (STA 0 + 000 – STA 1 + 750). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-30, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1655>. Date accessed: 07 aug. 2020.