EFEKTIVITAS TINGKAT PELAYANAN AIR BERSIH PDAM KABUPATEN TABANAN UNIT KERAMBITAN

  • I Nyoman Cipta Agung Pramuja Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Sedana Triadi Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Anom Purwa Winaya Winaya Politeknik Negeri Bali

Abstract

 PDAM sebagai satu-satunya instansi yang menjadi tumpuan harapan dalam peningkatan pelayanan air bersih perpipaan bagi masyarakat selaku konsumen air bersih yang antara lain menyangkut jaminan untuk memperoleh pelayanan air bersih dengan kuantitas, kualitas dan kontinuitas yang layak serta harga yang terjangkau. Kabupaten Tabanan khususnya Unit Kerambitan Area PO21024 dengan jumlah sambungan banyak Namun dalam pendistribusian air bersih kepada pelanggan belum dapat memberikan tingkat pelayanan yang merata dan efektif dalam hal kuantitas, kontinuitas dan tekanan kualitas. Bertitik tolak dari uraian diatas maka perlu dikaji melalui suatu penelitian untuk menjelaskan bagaimana efektivitas tingkat pelayanan air bersih PDAM Kabupaten Tabanan Unit Kerambitan Area PO21024 ditinjau dari indikator kualitas pelayanan yaitu kuantitas aliran air, kontinuitas pengaliran dan kualitas air bersih serta tingkat kehilangan air yang dialami dan mengetahui kebutuhan air per liter/orang/hari di tahun 2019. Kualitas air yang di kehendaki adalah kualitas air yang memenuhi syarat atau standar yang berlaku dari parameter fisik, untuk kontinuitas air bersih harus tersedia 24 jam per hari, atau setiap saat diperlukan, kebutuhan air tersedia dan untuk kuantitas yang dikehendaki adalah yang memenuhi standar kebutuhan air untuk kota besar. Untuk mengkaji masalah tersebut maka dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif dimana peneliti mengungkapkan secara komprehensif kondisi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pelayanan PDAM pada area PO21024 Unit Kerambitan sudah baik dalam hal kualitas, kuantitas dan kontinuitas karena ketiga variabel tersebut sudah memenuhi standar kualitas, kuantitas dan kontinuitas air bersih. Untuk kebutuhan air bersih di area PO21024 sudah memenuhi standar kebutuhan air bersih yaitu 120 L/orang/hari/ untuk daerah kota/desa besar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
PRAMUJA, I Nyoman Cipta Agung; TRIADI, I Nyoman Sedana; WINAYA, I Nyoman Anom Purwa Winaya. EFEKTIVITAS TINGKAT PELAYANAN AIR BERSIH PDAM KABUPATEN TABANAN UNIT KERAMBITAN. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43-46, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1658>. Date accessed: 06 june 2020.