ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK REKLAMASI APRON BARAT BANDAR UDARA I GUSTI NGURAH RAI – BALI

  • Andi Prabowo Politeknik Negeri Bali
  • Lilik Sudiajeng Politeknik Negeri Bali
  • Made Mudhina Mudhina Politeknik Negeri Bali

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hak dasar bagi tenaga kerja dimana salah satu tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Untuk menjamin terpenuhinya hak dasar bagi tenaga kerja atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), perlu diterapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) secara professional sebagaimana yang tertuang dalam PP. 50 Tahun 2012 SMK3 merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan untuk seluruh industri maupun jasa. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan analisis terhadap tingkat penerapan SMK3 pada proyek Reklamasi Apron Barat Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai – Bali dengan menganalisis sejauh mana kontraktor merencanakan penerapan SMK3, sejauh mana kontraktor menerapkan SMK3 di lapangan, dan sejauh mana kontraktor memeriksa, memantau dan mengevaluasi kinerja SMK3 pada proyek Reklamasi Apron Barat Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai – Bali. Dalam penelitian ini, rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional yaitu penelitian dengan mengumpulkan data premier dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan observasional untuk mencari data variable bebas serta data pendukung lainnya yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja bagi tenaga kerja,dan kemudian akan diperjelas dengan adanya analisis. Hasil dari penelitian ini adalah kontraktor sudah merencanaan SMK3 dalam katagori “Sangat Baik”, kontraktor sudah menerapkan SMK3 dalam katagori “Sangat Baik”, dan kontraktor sudah memeriksa SMK3 dalam katagori “Sangat Baik”

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
PRABOWO, Andi; SUDIAJENG, Lilik; MUDHINA, Made Mudhina. ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK REKLAMASI APRON BARAT BANDAR UDARA I GUSTI NGURAH RAI – BALI. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 79-84, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1666>. Date accessed: 06 june 2020.